Wednesday, August 27, 2014

Wichtige Unterlagen: FSJ/ BFD

      Sudah mendapat tempat FSJ dan tanda tangan kontraknya? Maka kamu harus bersiap-siap dimintai dokumen penting untuk masa FSJ-mu oleh Arbeitgeber. Berikut beberapa dokumen yang mungkin akan diminta;

      Surat kesehatan dari dokter
      Arbeitgeber biasanya akan melampirkan surat sehat yang hanya perlu diisi dokter (dokter umum). Dokter akan mengecek tekanan darah dan lainnya, dan jika diperlukan kamu juga bisa diminta melakukan vaksinasi (biaya perlu ditanyakan terlebih dahulu, diganti atau tidak, karena vaksinasi di Jerman biayanya cukup tinggi).

      Identifikationsnummer/ Steueridentifikationsnummer
      Sesaat setelah kamu melapor diri ke Ausländerbehörde terdekat, kamu akan menerima surat berisi Identifikationsnummer ini. Nomor ini berlaku seumur hidup dan tidak bisa diganti. Maka simpan baik-baik dan jangan beri ke pihak ketiga.

      Mitgliedbescheinigung der Krankenkasse/ surat pernyataan anggota dari asuransi kesehatan
      Dari sekian banyak asuransi kesehatan yang ada di Jerman, kamu bisa memilih salah satu dan mendaftar di sana. Setelah selesai pendaftaran, kamu akan menerima surat keterangan konfirmasi bahwa kamu sudah terdaftar di asuransi kesehatan tersebut. Surat inilah yang perlu kamu berikan jika dimintai Mitgliedbescheinigung der Krankenkasse.

      Vollständige Bankverbindung
      Lagi-lagi, kamu hanya perlu memilih salah satu dari sekian banyak bank yang ada di Jerman. Untuk pembuatan Konto, kamu perlu membuat janji terlebih dahulu. Proses pembuatan berkisar 30 menit sampai satu jam. Namun, untuk mendapatkan kartu ATM, PIN (mulai dari PIN ATM, PIN Online-Banking hingga PIN Telephone-Banking) memakan waktu 1-2 minggu.
      Satu hal yang mungkin perlu dipertimbangkan saat memilih bank adalah fee perbulan (sekitar 6-10€ per bulannya, lumayan sakit kan ya di sini *tunjuk dompet*) yang ditarik bank tersebut. Dalam hal ini, saya menganjurkan kamu untuk membuka rekening di Deutsche Bank. Kenapa? Karena di sana ada yang namanya das Junge Konto, alias rekening untuk anak muda. Jadi kita tidak dimintai fee per bulannya alias gratis. Das Junge Konto ini hanya dapat dibuat oleh pelajar dan Bundesfreiwilligendienst (termasuk FSJ). Maka saat pendaftaran, bawa kontrak FSJmu.

      Lohnsteuerabzug
      Dokumen satu ini bisa kamu minta dari Finanzamt terdekat di kotamu; bisa tanpa janji terlebih dahulu dan hanya membutuhkan Aufenthaltstitelmu. Surat ini berisi tanggal lahirmu dan tingkat pajak yang diberikan padamu. Setiap orang yang bekerja, entah mini-job, part-time, midi-job dan full-time akan memerlukan surat ini.

      Rentenversicherungsnummer
      Nomor ini ada pada Sozialversicherungsausweis (berlaku seumur hidup) yang kamu terima dari Krankenkasse kamu. Jika kamu belum mendapatkan dokumen ini, email/ telefon segera Krankenkasse yang akan mengansuransi kamu selama FSJ nanti. Isi dari dokumen ini adalah nomor pensiun kamu, jadi jika kamu sudah pensiun nanti, kamu berhak mendapat tunjangan dari pemerintah Jerman.

      Erstbelehrung des Gesundheitsamts
      Bisa dibaca di sini.

      Freiwilligendienstausweis
      Data yang satu ini berbentuk kartu, layaknya KTP bagi kita para Bundesfreiwilligendienst. Tertera diatasnya data diri kita dan data Arbeitgeber kita. Kartu ini akan kamu dapatkan dari Bundesamt für Familie und zivilgesellschafliche Aufgaben yang menangani kontrak FSJmu.

[Update]
      Aufenthaltstitel/ Aufenthaltsbescheinigung 
      Ini salah satu dokumen yang paling kami butuhkan jika kamu ingin melakukan FSJ, surat ijin tinggalmu di Jerman. Bagaimana cara mendapatkannya? Oke pertama-tama, apakah kamu sudah di Jerman?
        1. Ya, maka apakah kamu akan membantu di kota yang sama dengan tempat tinggalmu sekarang? Jika ya: 3; jika tidak: 4.
        2. Tidak. Maka ke: 5.
        3. Maka langsung hubungi Ausländerbehörde yang berada di kotamu atau yang membawahi kotamu (misal karena kota tempatmu tinggal terlalu kecil). Sebisa mungkin ditelpon, mereka sangat jarang sekali membalas e-mail. Jelaskan pada mereka, kamu ingin mengajukan visa FSJ dan mulai butuh (saat masa FSJ dimulai) pada tanggal berapa.
       4. Maka langsung hubungi Ausländerbehörde tempat kamu tinggal sekarang, sebaiknya di telpon.
       5. Maka ajukan visa FSJmu di kantor kedutaan Jerman di Indonesia terdekat.
     Setelah menghubungi Ausländerbehörde, biasanya kamu akan diminta mengisi formulir pengajuan visa dan kontrak FSJmu. Pihak Ausländerbehörde akan menyusun janji untuk pembuatan visa barumu. Bagi kamu yang akan membantu di kota lain, maka setelah visamu jadi diurus di kota asalmu, kamu akan dibuatkan janji dengan Ausländerbehörde di kota tujuanmu (tempat kamu akan membantu). Di sini, kamu perlu melaporkan dirimu jika kartu 'KTP'(Aufenthaltstitel)mu sudah jadi (prosesnya berkisar 1 bulan, sejak janji pengajuan visamu hingga 'KTP'mu jadi). Biayanya 80€ -dan mungkin ada variasi harga di tiap kota-.

5 comments:

  1. Hai Vanny. Salam Kenal. Ada yg mau saya tanyakan. Renteversicherungsnummer itu baru dapatnya dari krankenkasse yg untuk FSJ atau saat kamu au pair kamu udh punya Renteversicherungsnummer itu dari krankenkasse yg kamu pake selama Au Pair?
    Aku skg lagi Au Pair dan bentar lagi mau mulai FSJ trus diminta RNVR itu.. Makasih ya sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai,

      aku dapet Rentenversicherungsnummernya pas aku udah daftar di KK yg cover aku saat FSJ :)
      Kalo gitu daftar KK buat FSJ sekarang aja, abis itu langsung minta Rentens.nummernya.

      Viel Erfolg!

      Vanny

      Delete
    2. hallo again Vanny!
      makasi ya buat jawabannya :)
      sekarang aku udah dapat RNVR nya dan desember mulai FSJ.
      btw, mein Name ist Fanny, mirip nih namanya..hehe..
      Viel Erfolg juga ya buat ausbildungnya. aku juga mungkin mau mempertimbangkan buat ausbildung setelah FSJ, tapi masi belum yakin. ntar bole ya nanya" lagi :D

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Hallo kak
    Mau tanya, kalau umur 24th dan sudah menikah boleh gak ikut BFD.
    Tertarik banget ikut BFD

    ReplyDelete