Tuesday, August 5, 2014

10 Bulan di Jerman: Au-Pair

      Minggu siang 10 November 2013 -setelah transit hampir 6 jam di Abu Dhabi Airport- saya sampai di Frankfurt am Main International Flughafen yang bersih nan rapi. Temperatur saat itu sudah dingin, maklum, musim gugur. Saya dijemput oleh kakak saya dan bersama-sama menuju Düsseldorf Hauptbahnhof dengan kereta ICE. Ingat sekali saya, betapa dinginnya temperatur bagi saya waktu itu, walaupun sudah berpakaian layaknya bawang bombay *nyengir*
      Malam hari sekitar pukul 8 saya dan kakak sampai di Düsseldorf Hauptbahbhof, dan pertama kalinya melihat langsung Gasteltern saya. Walaupun dingin, mereka setia menunggu saya di halte luar. Dua jam kemudian, sampailah saya di kota Altena dan rumah baru saya.

Altena, musim gugur November 2013: tampak sungai Lenne mengalir membelah kota Altena.

     November
     Dua hari setelah sampai di Altena, saya dan Au-Pair yang saat itu masih membantu Gastfamilie saya pergi ke ikon kota Altena, Burg Altena -Kastil Altena. Kastil ini sempat hancur dibom (dulunya Altena adalah tempat produksi dan penyimpanan senjata dan alat perang), namun kini sudah dipugar kembali.

Burg Altena tampak samping, di dalamnya terdapat museum. Tiket masuk 5€ per orang.

      Keesokan harinya saya berangkat ke kota Hannover mengunjungi kakak saya, sambil menunggu Au-Pair yang masih membantu Gastfamilie saya selesai. Selama di kota yang lumayan banyak pelajar Indonesianya ini, saya menyempatkan diri ke Herrenhäuser Gärten, taman indah bekas petinggi Inggris dahulu di Hannover. Akhir bulan November saya kembali ke kota Altena.

Secuil Herrenhäuser Gärten, karena tamannya terlalu besar, seharian pun tak cukup menjelajahi semua bagiannya. Tiket masuk 6€ per orang.

      Desember
      Awal Desember saya ikut mengantar Au-Pair satunya (untuk kembali ke Paris) ke Köln Hauptbahnhof yang keren sekali. Sekalian, Gastvater saya juga mengajak kami melihat Weihnachtsmarkt (pasar Natal) yang mulai dibuka dan sekelibat kota Köln. Köln terkenal bagi surganya para pecinta sesama jenis, sungai Rhein, dan Dom Köln-nya

Köln, musim gugur 2013: Sungai Rhein yang akan terus mengalir hingga Perancis.
Köln, musim gugur 2013: Dom Köln melatarbelakangi saya yang menunduk -takut nutupin Dom-nya-, hehe 

      Di bulan Desember ini juga saya pertama kali menyicip bir Jerman asli yang rasanya tidak enak, mendekati pun tidak, haha.. Pertengahan Desember, saya sempat diajak Gastvater menuju hutan di atas gunung di kota Altena dan berjalan kaki memutari gunung tersebut.

Altena, musim dingin 2013.

      Selain itu, di bulan ini juga saya pertama kali ke Iserlohn (kota tetangga), memasuki gereja, dan ikut merasakan Natal (Advent pertama saya menerima sekotak kayu berisi makanan manis dari Gasteltern saya dan berikutnya sebungkus besar kue-kue khas Natal Jerman dari Oma dan Opa).

      Januari
      Awal Januari sempat hujan salju ringan, suhu mulai turun, dan kota sering berkabut. Namun, walaupun begitu matahari tetap bersinar terik di sini. Musim dingin tahun ini tak sedingin tahun-tahun lalu, untunglah.

Altena, musim dingin 2014: Tampak matahari bersinar terang -dan tanpa salju-.

      Di bulan ini, saya dan Gastmutter saya pergi menuju Ausländerbehörde di kota tetangga, Lüdenscheid. Di sana saya memperpanjang Visa 3 bulan saya hingga November nanti.

      Februari
      Hmmm.. Di bulan ini saya mulai mencari Träger FSJ dan sempat mengalami 2 minggu tinggal ilegal di Jerman -karena telat ambil Aufenhaltstitel, hehe-. Di bulan ini juga, saya menerima undangan dari Bürgermeister Altena untuk kumpul-kumpul pendatang baru (jadi berasa dihargai :3)

      Maret
      Saya mulai daftar sana sini untuk FSJ (tentunya dengan bantuan Gastfamilie saya yang mega-nett :D) dan setelahnya dari sekian banyak yang saya daftar; beberapa menolak, beberapa tak ada kabar, dan 1 menerima. Saya diundang untuk wawancara di bulan April. Senang bukan kepalang waktu itu :D

      April
      Pertengahan bulan waktunya Osterferien (Paskah), saya mendapatkan tas flanel penuh dengan cokelat di depan pintu kamar saya (dan butuh 3 bulan untuk menghabiskannya, haha). Siang harinya saya juga diajak bertemu Oma dan Opa (baca: orangtua Gastvater saya). Di sana saya mendapatkan hadiah paskah lagi dari Oma dan makan siang masakan Opa. Pertama kali dalam hidup merasakan Paskah :D
      Selang beberapa hari, saya diajak Gasteltern saya mengunjungi Pop-Up Store Altena yang baru saja diluncurkan di tengah kota. Esoknya, saya berangkat ke Schwerte, di mana saya akan diwawancara mengenai FSJ saya.

Altena, musim semi 2014: Hari di mana saya mengunjungi Pop-Up Store

Haus Villigst, Schwerte, musim semi 2014.

      Di akhir bulan, kota Altena mengadakan acara pembukaan Burg Aufzug -Lift Kastil. Artinya, lift ini akan membawa pengunjung dari pusat kota langsung ke dalam kastil. Hal ini dikarenakan kastil terletak di atas gunung dan tentu saja menyulitkan pengunjung yang sudah berumur.

Perayaan pembukaan Burg Aufzug dengan drama ala abad pertengahan.

      Musim semi ini juga diawali dengan keluarnya siput-siput dari bawah tanah -hati-hati tertijak!

Siput-siput tanpa cangkang akan keluar saat udara mulai menghangat.

1 comment:

  1. Kak.. Di bulan Februari, sempet 2 minggu ilegal kan, hehe.. Terus ada masalah ga ketika mengajukan memperpanjang permit residence lagi? Ngeri nya kan klo ilegal di deportasi

    ReplyDelete