Friday, August 14, 2020

Pflege: ist nicht wie Du denkst!

Ngga jarang orang mikir kalo jadi perawat itu kerjaannya duduk-duduk aja, nungguin pasiennya ngebel, ketik-ketik ga jelas depan komputer, kerjanya cuma minum kopi dan ngerokok (yes, di Jerman walaupun belajar dampak rokok ke kesehatan, banyak yang ngerokok dengan alasan pelampiasan stress) dan ada buat kasih servis ke pasiennya. Well, di belakang meja itu banyak yang terjadi; seenggaknya di stasiunku.

1 Agustus kemaren tepat dua taun aku kerja di stasiun ini, stasiun hämato-onkologie; intinya kerjanya sama pasien penyakit kanker darah, mulai dari Anämie 'biasa' sampe Lymphom yang metastase kemana-mana. Di stasiun ini kita juga bisa transplantasi sel darah si pasien sendiri (autolog), buat transplantasi dari sel darah donor pasien-pasien kita akan dirujuk ke stasiun IMC yang dinaungin Chefarzt yang sama dengan kita karena mereka lebih banyak kapasitas buat monitoring. Selama dua taun (atau lima taun sejak Ausbildung), sering denger dari sisi pasien, keluarganya, bahkan dokter ataupun temen-temen dan kerabat: apasih kerjanya jadi suster? Paling kasih makan dan mandiin pasien doang. Well guys, you are wrong. Juga buat gambaran buat yang interested buat berkarir di bidang ini dan terutama jadi perawat, akhirnya kumemutuskan buat nulis blog ini. Alert: bakal panjang dan ga ada gambar ya 🙌

Frühschicht

Shift F1 (Frühdienst 1) di stasiunku dimulai jam 6 pagi dan biasa tiga orang yang dapet shift ini, setengah jam pertama dipakai buat shift malem ngasih protokol ke shift pagi apa yang terjadi di malemnya (Übergabe), kalo lagi apes si shift malemnya dan banyak yg perlu diceritain, ya makin lama Übergabenya. Setelah itu bertiga ngambil darah dari pasien pertama sampe terakhir, terutama darah yang bisa kita ambil dari kateter sentral (Port, zentrale Venenkatheter, Shaldon, PICC-Katheter) jadi kita ga perlu bangunin pasien buat nyari-nyari nadi mereka pagi-pagi buta. Sisanya yang ga ada kateter sentral? Kerjaan dokter atau student 😛 Secara kita stasiun yang kerjaannya sama darah, kita ngambil biasa bukan satu-dua tabung darah, tapi banyak dan tentunya harus higienis juga karena 80% pasien kita ga ada imun sistem sama sekali; entah lagi di kemo atau abis/ mau ditransplantasi. Abis jadi vampir, kita cepet-cepet kirim darah seabrek-abrek itu ke labor, bless my hospital, kita ada kaya pipa yang ngehubungin satu stasiun ke stasiun/ ruang fungsi lainnya kaya labor, virologie, patologie dkk, jadi ga usah jalan kaki ke sana. Selanjutnya, kita mulai nyiapin infus pagi buat pasien kita; antibotik, co-obat buat kemonya kaya Cortison, Antiemese, Wässerung/ Hydratation, dan obat-obat lainnya. Satu pasien bisa 1-3 infus buat pagi aja tergantung plan mereka, kali 30 pasien. Semua ini kita dikasih waktu sampe si Frühdienst 2 (F2) dateng jam 7. Jadi pas mereka dateng, taunya udah beres aja semua.

Jam tujuh, dateng F2 Dienst, angkanya bervariasi tergantung ada yang sakit apa ngga, kalo lagi mujur ya 2-3 orang yang dateng, buat kita akhirnya jadi berlima/ berenam di shift pagi. Kalo udah dateng semua, kita F1 Übergabe lagi ke F2, terus bagi-bagi kamar, siapa pegang kamar mana; yang terpenting baginya fair, ga cuma satu yang kewalahan sendiri, jadi sekitar lima sampe 8 pasien per orang (karena satu dari kita perlu jadi organisator di hari itu (angkat telepon, atur opname, dkk). Setengah jam sebelom jam delapan, kita mulai nyiapin buat keliling pertama kita; ngecek obat dan infus pagi, alat ukur tekanan darah dkk., dan alat ukur lainnya (gula darah, timbangan, usw.). Keliling pertama ini biasa kalo adem ayem sampe jam sembilan; di sela-selanya ada chance pasiennya demam dan kita perlu ngelakuin sesuat standar stasiun (ambil kultur darah, tes urin, siapin antibiotika, dan kasih obat penurun demam). Pasien kita ga jarang kalo demam, itu ga kaya kita dikasih obat dikit turun demamnya, karena mereka demamnya karena si sel kanker dan selama sel kankernya aktif, mereka ga turun-turun demamnya; alhasil ga cukup kasih obat, kita juga perlu ngerawatnya lebih intensif kadang perlu dimonitoring juga biar ketauan kalo sepsis/ infeksi darah.

Jam sembilan, kita mulai nyiapin obat buat makan siang plus nyiapin makan pagi kalo ga ada petugas servis (Servicekraft). Soal makan juga, pasien di stasiun ini biasa agak beda sama pasien lain, soalnya gara-gara kemo/ transplantasi/ demam mereka biasa gamau makan dan tugas kitalah buat bujuk-bujuk si pasien buat makan, nawarin semua apa yang ada di stasiun (macam-macam sup, jus, apa aja, yang biasa di stasiun lain ga ada). Jadi pas siapinnya kudu pake hati 😙 Setengah sepuluh, itu map dokumentasi (Kardex) bakal diambil dokter buat visit mereka sampe siang ntar. Jadi kerja cepat! Di sela-sela kita juga ofc perlu ngurusin infus yang udah beres, kalo ga pasiennya mesem karena kelamaan cabut infus dan makan paginya telat dan pas bagi makan pagi, pasien yang gabisa makan/ gerak sendiri perlu dibantu. Best case, jam sepuluh dah beres semua dan pasien lagi makan dengan tenang semua. Saat itulah kita baru bisa cepat-cepat makan pagi juga sebelom beresin tray makan mereka lagi.

Setelah beresin makan pagi, kita nyiapin buat keliling kedua; kali ini waktunya buat ngurusin higiene pasien, mulai dari ngurusin luka, ngerawat semua kateter (perifer dan sentral, biar ga ada infeksi), mandiin plus ngelakuin semua Prophylaxen, siapin inhalat, nyiapin infus-infus kemo beserta alat-alatnya, dkk. Ga jarang jam sebelasan ini biasa kemo dateng dari apotik rumah sakit dan ada beberapa yang cepet kadaluarsanya; artinya kita juga harus cepet nyiapinnya biar si dokter bisa langsung aplikasiin. Sesi sibuk-sibuk ini berlangsung sampe jam duabelasan, abis itu waktunya bagi-bagi makan siang. Syukur-syukur kalo pas bagi makan siang, keliling kedua udah beres, abis itu bisa langsung dokumentasi. Yey.

Jam satuan shift siang dateng, dan kita kasih Übergabe lagi ke mereka sambil kerjain perintah dokter yang ditulis di map dokumentasi. Beres? Belom. Buat F1, kita ada waktu sampe jam dua (kalo gamau molor pulangnya) buat dokumentasi lagi di komputer. Yes, di rumah sakitku apa-apa pake komputer, kalo ga dokumentasi rumah sakit ga dapet dana dari asuransi buat terapi dan kita ga dapet gaji. Penting. Kalo salah dokumentasi, dana yang didapet bisa jadi lebih kecil daripada yang udah dikeluarin di awal buat si pasien. Kita yang kena 😶 Buat F2, mereka harus stay satu jam lebih lama sampe jam tiga sore, buat ngebantuin shift siang, ngurus barang-barang dari apotik, ngurus pasien yang mau diopname atau dipulangin, dan juga beres-bersin stasiun setelah 'perang' tadi pagi.

Fuuuuh... nafas dulu. Yaudah ini aja dulu, next soal shift berikutnya. Kucapek abis shift malem tadi pagi dan besok dah harus kerja lagi 💀

No comments:

Post a Comment