Friday, August 14, 2020

Pflege: ist nicht wie Du denkst! (Part II)

Ngelanjutin laman sebelomnya, aku bakal ceritain apa aja kerja perawat selama di shift siang dan malem. Terutama shift malem, orang banyak bertanya-tanya itu perawat malem-malem kerjanya apa ya? Bisa bobo ya? Kan cuma nunggu shift pagi dateng? Seandainya memang gitu 😋

Spätdienst

Shift siang dimulai jam satu siang kalo di stasiunku, ada beberapa stasiun lain yang lebih prefer mulai kerja jam 12 dan pulang kerjanya pagian, yaitu jam delapan malem. Bagi kamu yang suka leyeh-leyeh dan bangun siang, shift siang cocok nih, tapi kontranya ya kalo pulang kerja, di luar dah gelap, ga bisa banyak ngapa-ngapain (kecuali dugem, bar, usw.) karena banyak toko-toko, resto di sini jam delapan udah tutup. 

So, jam satu seperti yang ditulis di laman sebelomnya, Übergabezeit. Beres dari itu kita mulai nyiapin dan kontrol obat buat makan malem dan infus sore. Shift siang biasanya lebih tenang daripada shift pagi, pengecualin kalo kita lagi kekurangan orang (Ausfall, unterbesetzt). Biasanya di sini kita lebih ambil waktu buat 'ngobrol' sama pasien/ keluarganya. Balik ke kerjaan, antara jam dua dan jam tiga kita ikutan ngurusin pasien baru yang diopname dan beres-bersin barang yang dari apotik; karena infus dan obat yang kita pake seabrek-abrek, barang yang kita dapet dari apotik juga banyak. Fyi, rumah sakitku ada apotiknya sendiri, soalnya aku kenal ada fasilitas kesehatan lain, mereka kerja sama dengan apotik kota itu dan apotiknya yang ngambil alih tugas nyiapin obat dan infus, jadi perawatnya tar tinggal ngecek aja. Sejam-an ini kita kadang juga sibuk kerjain tugas-tugas yang shift pagi ga sempet kerjain, kaya nyiapin kemo, atau jelasin pasien (soal apa aja, Prophylaxen, pokoknya beraten anleiten). Jam tiga, kita mulai keliling pertama; ga jauh beda sama shift pagi, kita kontrol tekanan darah, detak jantung, usw. dan bagi bagi infus sore. Oya kita biasa am bestens Fall berempat buat shift siang, jadi seorang ngurus sekitar 8-9 pasien. Sambil keliling kita juga langsung nanyain pasien, mau makan malem apa. Makan malem biasa juga kaya makan pagi dan siang, dapet dari dapur sentral, tapi seperti yang ditulis di laman sebelomnya, kita berusaha nawarin apa aja yang kita ada ke pasien. I know it seems like we made our own problem, tapi kita perawat tugasnya ya itu, kesehatan perut pun tanggung jawab kita. Jam setengah limaan biasa kalo tenang stasiunnya, ga ada Notfall ga ada apa-apa, beres sama keliling dan mulai nyiapin makan malem. Selanjutnya taulah ya, bagi-bagi, bantu si pasien, terus kita sendiri ikut makan. Kalo ga sekarang kapan lagi, gitu mottonya 👀

Setengah tujuh, mulai beresin nampan makan pasien, dilanjutin dengan nyiapin keliling kedua di shift siang ini. Jam tujuhan ini biasa highlight buat para Auszubildende yang lagi belajar kasih suntikan. Yep, kita kasih yang namanya suntik heparin biar pasien-pasien ga dapet trombose terus bikin jadi emboli, dan buat stasiunku kita juga sering suntik pasien obat yang bisa bikin sumsum tulang memperbanyak selnya dan dengan harapan sel yang diproduksi juga matang ya 😙 Satu hal yang aku belom tulis, di sela-sela pastinya ada pasien yang ngebel, minta di bawa ke wc misalnya, atau ada pasien yang lagi dapet kemo dan reaksi (unter Monitor), demam, sakit, atau hal-hal spontan yang gabisa diketahuin sebelomnya; juga kita biasa di sela-sela suka bawain pasiennya makanan kalo mereka lagi bosen (kesempatan dalam kesempitan, berharap mereka makan). Beres keliling, kita mulai nyiapin infus terakhir (atau kadang-kadang ada juga yang dapet infus jam dua malem, tergantung plannya) buat shift malem; secara mereka cuma berdua buat satu stasiun, satu hal lagi, nyiapin kemo yang perlu dikasih malem hari (biasa dalem bentuk infus). Setelah itu kita beresin lagi stasiunnya biar rapihan dikit, karena biasanya jam segini pasien-pasien yang suntuk seharian di kamar mo jalan-jalan di lorong stasiun dan ditutup dengan dokumentasi pastinya.

Jam setengah sembilan datenglah kolega shift malem.

Nachtdienst

Pada dasarnya ya shift malem itu kaya tukang ronde, jagain si pasien, soalnya malem itu biasa bahaya buat pasien, entah jatuh karena terlalu ngantuk, atau demam tapi karena pasiennya tidur, mereka ga ngerasain dan akhirnya terlalu lama demam (kalo ga di cek) dan akhirnya badannya 'kecapekan'.

Jam sembilan malem, beres Übergabe, shift siang pulang dan shift malem dimulai. Kita mulai nyiapin, ngecek lagi, dan bagi obat-obat yang perlu dikasih di malem hari; obat buat tidur, obat penenang, obat anti mual, analgetika dan tentunya infus malem yang udah disiapin shift siang sebelomnya plus ngecek temperatur dkk di pasien yang kira-kira demam. Biasa beres keliling itu sekitar jam sebelasan malem, abis itu bersih-bersih ruangan infus, ruang kemo, kulkas tempat simpan obat, pokoknya didesinfektan semua. Setelah itu kita nulis di map dokumentasi buat hari esoknya, nyiapin obat pagi dan infus-infusnya. Kedengarannya cepet ya, nyiapin obat ga secepat itu sayangnya, bisa sejam-tiga jam kalo tenang, di sela-sela kita perlu datengin pasien yang perlu dibantu buat guling ke samping (ofc yang ini bukan buat shift malem aja, ini juga kerjaan shift pagi dan siang) biar ga ada luka, ngecek temperatur, ngecek pasien yang kemonya masih jalan mereka baik-baik ajaa ga, dsb. Sambil nyiapin obat, kita juga tugasnya ngecek masih ada persediaan obatnya ga, kalo ga harus pesen ke apotiknya. Apalagi kalo mau akhir minggu, kita perlu ngecek semua obat karena weekend apotik kita tutup he he he 

Jam tigaan itu biasa crucial kalo punya pasien yang udah präfinal, harus dicek terus-terusan. Kebanyakan Notfall juga jam segini, entah kenapa. Jadi ya itu, keliling lagi, datengin pasiennya satu-satu. Kalo pasiennya ga bisa tidur gara-gara banyak pikiran, atau gara-gara obat kaya Cortison, kita nawarin minuman hangat (as always, kesempatan kan), kadang juga ngobrol sama mereka, tenangin kalo mereka takut kalo besoknya kemo misalnya. Jam lima, kita shift malem mulai dokumentasi per komputer lagi dan ngurus dokumen-dokumen yang kiranya diperluin pasien di hari itu kaya dokumen persetujuan kalo mau di kemo, dkk. Abis itu minum kopi segelas biar matanya buka sedikit pas shift pagi dateng dan Übergabe lagi (aku ga minum kopi, jadi ya Übergabenya harus full konsen banget haha). Udah, abis itu pulang bobo yes.

2 comments:

  1. Guten Morgen aus Indonesien!

    kak, mau tanya dong untuk motivationschreiben FSJ.. poin apa sja yang dicantumkan di motlet tersebut? vielen Dank!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo,

      semoga ga terlalu terlambat ya jawabanku... isi motivationsschreiben FSJ ya kenapa kamu mau FSJ (dan rencana kdepannya kalo relevan).

      Salam.

      Delete