Friday, June 6, 2014

Freiwilliges soziales Jahr (FSJ)

      Pijakan kedua saya setelah program Au-pair adalah program FSJ, suatu program yang juga saya belum pernah dengar di Indonesia.

      Apa itu FSJ?
      FSJ adalah program kerja sosial -yang juga program edukasi-, di mana kamu akan mengenal langsung dunia kerja di Jerman (jika kamu mengambil program ini di Jerman). Kerja sosial yang ditawarkan meliputi membantu di rumah sakit, di panti jompo, di tempat pengurusan anak-anak, di tempat orang cacat (tubuh maupun mental, biasanya yang tidak berbahaya), di gereja, di sekolah, di tempat kerja orang cacat, dan lain sebagainya. Jam kerja kamu dibatasi 38,5-40 jam per minggunya.

      Apa saja kualifikasi untuk FSJ?
      Maksimal berumur 26 tahun dan minimal 18 tahun. Kamu tidak memerlukan pendidikan atau keahlian khusus, karena tugasmu nantinya hanya membantu para senior di tempat kamu bekerja. Untuk kemampuan berbahasa Jerman, tidak ada pesyaratan pada tingkat tertentu, namun kamu diharapkan bisa berkomunikasi dengan baik.

      Berapa lama rentang waktu program FSJ?
      Sesuai peraturan pemerintah Jerman, kurang lebih satu tahun; minimal setengah tahun dan maksimal 1,5 tahun.

      Apa yang Anda dapatkan dari FSJ?
      Pengalaman, Taschen- dan Verpflegungsgeld (berkisar 170-450€, namun di peraturan tertulis paling tinggi 336€) per bulannya, hari libur (umumnya 24 hari untuk satu tahun), asuransi kesehatan, dan seminar. Untuk kemungkinan tempat tinggal, biaya akomodasi lainnya, makan, dan pakaian dapat dikomunikasikan.

      Kapan FSJ dimulai?
      Biasanya FSJ dimulai per 1 Agustus/ 1 September/ 1 November. Maka dari itu kamu perlu mendaftar jauh-jauh hari, mempertimbangkan peminat yang cukup banyak.

      Apa yang dibutuhkan untuk mendaftar FSJ?
      Yang pertama adalah Lebenslauf (resume diri); mulai dari data personal, jejak edukasi, biodata keluarga, hobi, kemampuan khusus, dan lain sebagainya. Kedua, pas foto; seperti saat mau mendaftar visa. Ketiga, Bewerbungsschreiben; berisikan pemberitahuan bahwa kamu ingin mendaftar di bagian tertentu dan sedikit alasannya. Keempat, Motivationsschreiben; berisikan alasan mengapa kamu ingin mengikuti program ini. Juga ada yang meminta ijazah terakhir ataupun fotokopi ijazah bahasa Jerman. Terkadang kamu juga diminta mengisi lembar pendaftaran (Bewerbungsbogen) oleh Träger (pengantara antara kamu sebagai calon FSJ dan Arbeitgeber (pemberi kerja)) tertentu.

      Langkah selanjutnya?
      Jika kamu telah mengirim data pendaftaran, Träger yang tertarik akan mengundang kamu (mengirimi kamu surat/ e-mail atau bahkan menelepon kamu) untuk interview. Biasanya kamu akan ditanya soal motivasi, personal, dan keinginan kamu membantu di bagian kerja mana (dan jangan lupa nyatakan keinginan kamu secara pasti, misal: kemungkinan tempat tinggal ataupun kemungkinan pakaian).
      Jika kamu sudah mendapat tempat di sebuah Einsatzstelle, maka kamu akan menerima undangan dari Einsatzstelle ini untuk Hospitation. Di kesempatan inilah kamu bisa melihat apakah kamu cocok di Einsatzstelle ini dan sebaliknya, si Arbeitgeber juga akan menilaimu. Jika keduanya cocok, maka tinggal tanda tangan kontrak (sebelumnya dibaca dengan teliti, apakah jam kerja, hari libur, asuransi, dan hak-hakmu lainnya terpenuhi).

      Bisakah mendaftar FSJ dari Indonesia?
      Tentu bisa, hanya saja nantinya akan sedikit repot dan mahal. Untuk interview beberapa Träger mau via Skype/ telefon langsung, namun untuk Hospitation, kamu perlu langsung menemui Arbeitgeber kamu dan melihat langsung calon tempat kerja kamu. Artinya kamu harus membuat visa kunjungan untuk itu dan terbang ke Jerman, setelahnya jika kamu diterima, maka kamu baru bisa membuat visa FSJ.

Beberapa contoh Träger:
Deutsch Roten Kreuz Internationaler Bund Diakonische Jahr ViA e.V. Johanitter

6 comments:

  1. haloooo :) makasi yaaa infonya membantu, salam kenal vanny

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Fitri,

      sama-sama. Salam kenal juga ^^

      Vanny.

      Delete
  2. Replies
    1. Hallo Nastiti,

      iya aku BFD (mirip dengan FSJ) di Jerman.

      Vanny.

      Delete
  3. http://www.rumahbelajarliebe.com/ bagi yang tertarik untu mengikuti FSJ- Aupair- Studienkoleg bisa menghubungi kursus kami

    ReplyDelete
  4. Hallo,

    makasih buat informasinya. Jadi tertarik ikut program FSJ.

    Perkenalkan nama saya Kimny. Bulan agustus ini saya akan berangkat ke Jerman mengikuti program Aupair selama setahun. Selesai Aupair saya akan lanjut mengikuti program FSJ.

    Untuk itu, aku mau nanya-nanya seputar FSJ dong. Boleh?

    Kalau mau mendaftar FSJ perlu ijazah gk? Perlu Zertifikat juga gk? Itu keuntungan yg di dapat dari FSJ berlaku untuk semua fsj dimana aja? Dan pekerjaan fsj apa aja? Atau tergantung dari tempat dimana fsj nya bekerja?

    Terimakasih sebelumnya

    Salam kenal,

    Kimny

    ReplyDelete