Thursday, March 13, 2014

Aupair: yang harus dilakukan setelah di Jerman

      Setelah berjam-jam terbang menuju Jerman, ada beberapa hal penting yang kamu perhatikan dan harus kamu lakukan di sana. Berikut penjelasannya

1. Lapor dan daftar diri
      Kamu diberi waktu 3 hari oleh pemerintah Jerman, terhitung sejak kamu menijak Jerman, untuk melapor dan mendaftarkan diri di kantor kota tempat kamu tinggal. Biasanya Gastfamilie akan menemani kamu ke sana. Untuk ini kamu tidak dikenakan biaya dan hanya membutuhkan Passport berisi visa Au-pairmu. Di hari yang sama saat kamu melapor, kamu akan menerima selembar surat yang menyatakan bahwa kamu telah mendaftarkan diri di kota tersebut.

2. Daftar diri di Ausländerbehörde
     Tanyakan pada Gastfamiliemu, apakah mereka sudah membuat Termin/ Janji untukmu di Ausländerbehörde? Jika belum, maka segeralah membuat janji dengan Ausländerbehörde yang membawahi kota tempat kamu tinggal. Jika sudah membuat janji, kamu akan menerima surat dari mereka yang menyatakan nomor janji dan persyaratan yang kamu butuhkan, seperti formulir pendaftaran, foto terbaru, Passport, dan fotokopi kontrak Au-pair. Kamu akan diminta membayar 100€ untuk pendaftaran diri ini. Beberapa minggu kemudian, kamu akan menerima surat bahwa dokumen kamu telah selesai. Dokumen tersebut meliputi satu surat yang menyatakan kamu legal di Jerman sebagai Au-pair dan satu kartu tanda diri (seperti KTP) di Jerman.
      Perhatian: di visamu tertulis lama berlakunya visa tersebut 3 bulan, usahakan dokumen dari Ausländerbehörde tersebut jadi sebelum tenggat 3 bulan visamu habis. Jika dokumenmu jadi lebih dari tenggat visamu, maka kamu dianggap ilegal di Jerman dan berhati-hatilah terhadap polisi. Jika kamu ketahuan ilegal, maka kamu akan langsung dideportasi. *pengalaman... hehe*

3. Daftar ke tempat kursus bahasa
      Ya, kamu berhak untuk mengikuti kursus bahasa Jerman selama Au-pair ini. Sebenarnya akan lebih baik jika kamu sudah mencari tahu atau bahkan mendaftar di sebuah kursus bahasa di Jerman sebelum kamu berangkat. Jangan sampai ketinggalan pendaftaran dan tes kualifikasi bahasamu. Biaya kursus bahasa ini ditanggung berdua, kamu dan Gastfamiliemu (hanya membayar 50€ per bulannya) atau bisa dikomunikasikan dan ditanggung penuh (lebih baik pada saat pembuatan kontrak Au-pair).

4. Mencoba transportasi Jerman
      Ini sangat penting, terutama bagi kamu yang perlu pergi dan pulang dari tempat kursus bahasa sendiri yang letaknya agak jauh dari rumah, bahkan kotamu. Kamu bisa naik bus maupun Bahn/ kereta listrik, baik dalam maupun antar kota. Informasi penting dan tahapan lebih lanjut baca di sini. Terdapat bermacam-macam tiket bus atau Bahn, mulai dari tiket satu kali jalan, dua kali jalan, empat kali jalan, dan tiket bulanan, bahkan ada tiket khusus bagi kamu yang hanya berlibur di kota yang kamu tuju. Dari sekian banyak tiket, saya menggunakan Fun-Ticket. Apa itu Fun-Ticket? Tiket khusus yang diperuntukkan remaja usia di bawah 20 tahun dengan rute atau luas jarak tempuh tertentu sesuai harga, dan hanya berlaku pada Nachmittag/ setelah tengah hari. Misalnya, saya membeli Fun-Ticket dengan jenis harga 16,80€ (per bulan) sampai region 9 dan berlaku pada bus, Bahn, bahkan taksi jika bus dan Bahn tidak beroperasi. Berikut contoh tarifnya (setelah klik link, pilih dan klik "GO!" pada Preistabelle).

5. Buka akun Bank
      Ini hanya pilihan dan tidak harus dilakukan, namun mungkin perlu dilakukan. Mengapa perlu? Kamu akan mendapat uang saku tiap bulannya, maka kamu juga perlu tempat untuk menyimpannya, kan? Bila kamu tidak merasa aman menyimpan uang sakumu di rumah, maka kamu perlu akun bank. Sebelum mendaftarkan diri dan membuka akun bank, ada baiknya mengecek terlebih dahulu biaya yang dikenakan bank kepada nasabah luar negeri seperti kita. 5-10€ per bulan termasuk bayaran yang mahal untuk sebuah akun bank. Bagi mereka orang Jerman dan pemegang visa Student, biaya per bulan ini tidak dikenakan.

No comments:

Post a Comment