Friday, July 31, 2015

FSJ? Nein, ich mache BFD!

     Tak terasa masa BFD saya dalam beberapa hari akan berakhir! Hmm... so ein komisches Gefühl habe ich gerade....

     Nah, apakah kalian sadar kalau saya menulis 'BFD' bukan 'FSJ'? Setelah beberapa minggu memulai masa 'FSJ', saya akhirnya mengerti penuh beda antara Bundesfreiwilligendienst dan freiwiliges soziales Jahr. Pada dasarnya BFD maupun FSJ mirip, hanya ada beberapa kondisi yang mendefinisi mereka berbeda. Jadi, mari pertama-tama bahas perbedaan antara BFD dan FSJ!
     Bundesfreiwilligendienst singkatnya adalah salah satu kesempatan yang diberi negara Jerman untuk siapa pun (pria/wanita) di segala umur; artinya tidak ada batas maksimal umur. Bidang yang ditawarkan pun beragam, mulai dari bidang sosial, ekologi, kultur, olahraga, maupun bencana alam. Selain itu juga diberikan kemungkinan untuk mengulang beberapa kali dalam setiap lima tahun. Kontrak yang akan diberikan pun dibuat antara pendaftar, tempat kalian akan bekerja (Einsatzstelle), pemberi kerja (Träger), dan pemerintah federal. Khusus untuk pendaftar yang berumur lebih dari 27 tahun, diberikan kemungkinan untuk bekerja paruh waktu dan kontrak dapat dimulai sesegera mungkin.
     Sedangkan freiwiliges soziales Jahr lebih ditujukan kepada anak-anak muda yang baru saja selesai sekolah atau memutuskan untuk mengambil Berufsschule; diberi batasan umur hingga 27 tahun. Jika kalian mendaftarkan diri sebagai FSJ, kemungkinan pengulangan tidak diberikan. Jika pada BFD persetujuan pemerintah federal dibutuhkan saat penerimaan, untuk FSJ, sebaliknya, tidak ada campur tangan pihak pemerintah federal. Dengan begitu, kontrak yang dibuat pun hanya antara pendaftar, Einsatzstelle, dan Träger, Untuk bidang pekerjaan, FSJ hanya diperuntukkan untuk bidang sosial.*
     Di balik perbedaan yang ada, ada beberapa persamaan yang dimiliki baik BFD dan FSJ juga, diantaranya adalah batas minimal umur, yaitu 16 tahun untuk warga Jerman dan 18 tahun untuk warga non Jerman. Selain itu, pendaftar untuk BFD (di bawah umur 27 tahun) maupun FSJ diharuskan bekerja dengan waktu penuh (berkisar 7,57 jam per harinya) dan kontrak dimulai antara bulan Agustus hingga Oktober. Kontrak yang dibuat pun mungkin diperpanjang hingga 18 bulan; dengan lama kontrak pertama tidak kurang dari 6 bulan dan tidak lebih dari 12 bulan.
     Beberapa kondisi lain seperti Taschengeld, seminar yang akan diberikan, dan hak-hak lainnya bergantung pada tempat kalian bekerja (Einsatzstelle) nantinya dan pemberi kerja (Träger).

Cr: http://www.bundesfreiwilligendienst.de/

Landesbildungszentrum für Blinde Hannover
 
     Pada kesempatan ini saya juga ingin menceritakan lebih detail tentang di mana dan apa yang saya kerjakan selama sepuluh bulan terakhir (lagi-lagi 10 bulan! hehe). Pada tanggal 10 September 2014 saya memulai masa Bundesfreiwilligendienst saya (link) di sebuah sekolah buta di kota Hannover dan satu-satunya sekolah buta di bagian federal Niedersachsen, Landesbildungszentrum für Blinde (LBZB). Anak-anak yang bersekolah di sini tidak hanya buta, namun juga tuna ganda, di mana mereka membutuhkan pertolongan intensif. Umur mereka pun beragam dan dikelompokkan per kelas bedasarkan kemampuannya. Di kompleks sekolah LBZB ini mereka tidak hanya memiliki satu gedung sekolah (beserta ruang konser, ruang musik, museum, dan ruang gymnastik di dalamnya), juga ada tiga gedung asrama (Internat), di mana anak-anak yang dititipkan oleh orang tuanya dari hari Senin hingga Jum'at tinggal, dan tiap gedung memiliki 3 grup di dalamnya.

Cr: www.lbzb.de

     Selain itu, mereka juga memiliki satu gedung khusus untuk berbagai macam terapi, gedung olahraga (fitness, kolam renang, dan lapangan tertutup), lapangan olahraga, dan berbagai macam fasilitas lainnya yang dibutuhkan oleh anak-anak di sana. Saya cukup kagum dengan betapa terorganisasinya sekolah ini dengan segala fasilitasnya. Tidak hanya sampai di sana, kita para FSJ/ BFD pun diperbolehkan menggunakan ruangan tertentu seperti ruang fitness, ruang musik, lapangan olahraga, dan lainnya. Di awal Juni 2015 kemarin saya baru mengetahui bahwa sekolah ini juga bekerja di bawah naungan sebuah organisasi yang juga bekerja sama dengan dua sekolah tuna netra di Indonesia dan beberapa sekolah dari Asia (Filipina, Hong Kong, Taiwan, dan Myanmar).

     Berminat mendaftar FSJ/ BFD di sini?
     LBZB menyediakan 26 tempat untuk para FSJ/ BFD per tahunnya dan dimulai per tanggal 1 September dan diakhiri tanggal 31 Juli tahun berikutnya. Dari 26 tempat ini, terdapar dua pilihan, apakah kamu akan ditempatkan di sekolah (kelas) atau di Internat (asrama). Lama kerja di dua tempat ini sama, 38,5 jam per minggunya. Bedanya, jika kamu bekerja di sekolah (kelas), maka jam kerja kamu adalah jam kerja rutin; berkisar dari pukul 8 pagi hingga 14:30 di sore hari (Senin hingga Jum'at). Sedangkan di Internat, jam kerja kamu lebih fleksibel dan terbagi menjadi dua shift; shift pagi dari pukul 6 pagi hingga 2 siang atau shift siang dari pukul 12 siang hingga 20 malam hari.
     Personal yang bekerja di sini pun baik dan sangat terbuka dengan pendatang baru ataupun dengan status orang asing seperti kita. Berbagai hak yang akan kamu dapatkan selama membantu di sana singkatnya antara lain uang saku sebesar 400€, mendapat makan siang (juga terdapat menu untuk para vegetarian), mendapat akomodasi (apartemen, terletak di dalam kompleks LBZB juga, kamu tidak perlu membayar apapun lagi), dan kamu mendapat potongan khusus untuk pembelian kartu tranportasi. Selain itu, kamu juga diperbolehkan menggunakan ruang musik, ruang olahraga, dan ruang fitness yang ada. Untuk banyaknya hari libur yang kita dapat, berdasarkan kontrak kita mendapat 27 hari libur, yang mana saya tidak pernah ambil. Kenapa? Karena tanpa 27 hari libur ini pun sudah banyak sekali hari libur yang saya dapat dari sekolah. Keuntungan bekerja di sekolah yaitu jadwal libur kerja sama dengan jadwal libur anak sekolah! :)
     Tentu mereka pun mengantisipasi hal yang baik dari kamu juga, kamu diharapkan bisa bekerja fleksibel, mau jujur dan terbuka dengan tim (dengan begitu tim bisa membantumu jika kamu mendapat masalah), dan yang terpenting, bisa berbahasa Jerman (B1 Niveau atau bisa berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari). Saya pribadi bahkan tidak pernah bisa berkeluh kesah selama menjalankan FSJ/ BFD saya di LBZB, bukan karena tidak diperbolehkan tapi lebih ke tidak ada hal yang perlu dikritik. Bukan hanya dari personal LBZB saja yang baik dan terbuka, juga personal dari Träger (GIS GmbH) yang mendampingi saya selama 10 bulan ini. Mereka akan memastikan kalau kamu memang nyaman bekerja di LBZB dan mengecek secara berkala. So ein tolles Jahr hatte ich da :)


*Lebih lanjut untuk freiwilliges Jahr bidang ekologi (FÖJ) atau kultur (FKJ).

20 comments:

  1. Schön! Was machst du weiter Vanny? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Fitri,

      tut mir schrecklich leid um meine verspätete Antwort. Ich mache jetzt dann Ausbildung zur Krankenpfleger :) (erst angefangen am letzten August) und bei dir?

      Schöne Grüße,

      Vanny

      Delete
    2. Hallo Vanny. ..
      Ja ich verstehe.. du hast bestimmt viele Aufgabe heheh..

      Ich verlängere nur mein Fsj dann werde ich zurück..hoffentlich klappt das..

      Machst du 3 Jährige Ausbildung?ich wünsche dir viel Glück und Spaß damit :)

      Delete
    3. Hallo Fitri,

      naja, so viel machen jetzt kann ich ja auch nicht, aber da habe ich bestimmt Spaß -ist schon keine Frage ;)
      Ach hast du dich beworben? Dann drücke ich Dir die Daumen!

      Grüß.

      Delete
  2. dear missy huang.
    aku tertarik dengan penjelasan kamu tetang BFD, detail banget.
    pengen tanya nih, ada sarat bahasa jerman kah untuk daftar BFD? minimal level berapa ya?

    thanks a bunch, and gud luck there.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallihallo Lotus21,

      hmm itu tergantung masing2 pemberi kerja ya.. kalo aku kemarin daftar mereka ga minta patokan mesti lulus tingkat berapa, tapi diminta udah lancar bahasa Jermannya :)

      semoga membantu!

      Salam,

      Vanny

      Delete
  3. Hallo mbak Vanny,

    saya tertarik banget, pegen ikut BFD/FSJ, kalau boleh tau dulu mbaknya daftar di Traeger apa? Daftarnya dari Indonesia atau Deutschland?
    Div

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Adi,

      Saya sempet daftar di ViA e.V dan Diakonische Westfalen, tapi akhirnya saya dirujuk ke GIS GmbH (di artikel atas). Masih banyak Träger lain yg bisa kamu daftari, info lanjut http://vannyhuang29.blogspot.de/2014/06/freiwilliges-soziales-jahr-fsj.html?m=1

      Saya daftar langsung dari Jerman.

      Semoga membantu, salam.
      Vanny

      Delete
  4. Hi miss, kalau mau ikutan BFD ini caranya bagaimana ya?? Trimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Laura,

      mungkin bisa baca ini dulu ya http://vannyhuang29.blogspot.de/2014/08/wichtige-unterlagen-fsj.html :)

      Semoga membantu!

      Vanny

      Delete
  5. Hallo miss,
    Ich interessiere mich sehr für deine Erklärung über FSJ und BFD. Bist du noch in Deutschland? jetzt bin ich auch in Deutschland, genau in Hannover(Wedemark) Darf ich dein WA nummer haben? Ich komme auch aus Indonesien und möchte hier gern mit jemanden, die auch aus Indonesien kommen kennenlernen.

    LG Ratnasari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Ratna!

      dann ist ja super, wie gesagt, ich bin auch in Hannover!
      hättest du zufällig auch Line? würde lieber da schreiben :)

      Gruß
      Vanny

      Delete
  6. Hallo Frau Vanny,

    ich interessiere mich sehr für deine Erklärung über BFD. Ich möchte dir ein Frage zu fragen: Darf ich von Indonesia diese BFD anmelden?

    Entschuldigung, wenn mein Deutsch schlecht ist. Danke im Voraus.^^

    LG. Po

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Po,

      teoritisch kann man das machen, kann aber bisschen problematisch sein, da der Arbeitgeber ja dich direkt sehen will (alias gamau beli kucing dalam karung). Aber die Möglichkeit ist da :)

      Viel Erfolg!
      Vanny

      Delete
  7. Halo, guten nacht ka vanny. Bisa minta Line ny? Mau tanya2 soal BFD karna saya sangat tertarik dgn program BFD. Vielen dank

    ReplyDelete
  8. Halo Vany

    saya terarik bgt untuk dftr BFD, saya sudah di jerman dg visa bahasa... boleh tny tny tentang BFD. boleh minta contact person by line or wa or email?
    Danke sehr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mbak nana,

      Mbak udah di jerman dgn visa bahasa ya. Aku juga tertarik ingin ambil kursus bahasa disana, tp dngr2 kata nya susah ya untuk urus visa bahasa klo tujuannya kurang kuat kenapa ambil kursus nya disana. Kalau mbak nana alasan ambil kursus disana nya untuk apa? Mohon informasi nya yaa... Terima kasih

      Delete
  9. Hallo Vany

    mau nanya untuk lamar BFD dari indonesia apa harus punya girokonto 8000 Euro di tabungan juga?
    atau ada syarat lain untuk uang di tabungan?
    thanx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Lily,

      saya kurang tau ya apakah itu harus, cuma sistem di Jerman itu, selama pendapatan kamu kurang dari 670€ per bulan (hitungan negara untuk standar pengeluaran di Jerman perbulan), kamu MUNGKIN bakal diminta membuat sperrkonto. Tapi misalnya dari FSJ kamu dari 450 (netto dan udah potong asuransi dkk) plus dapet tempat tinggal. Menurut aku mereka ga minta lagi 8000. Saya duli jg kebetulan gitu soalnya. Mereka nimbang2 bisa ga kamu hidup dgn pendapatan netto kamu perbulannya (buat makan, tempat tinggal, asuransi).

      Semoga membantu, MfG

      Vanny

      Delete
  10. Kak info donk FSJ disekitaran Hannover tahun 2022 ini. Mohon bantuannya

    ReplyDelete